Wednesday, June 16, 2010

Purpose Driven Blog


Saya pikir banyak orang Kristen yang pernah membaca buku The Purpose Driven Life (Kehidupan yang Digerakan Tujuan) karya Rick Warren Buku ini telah menjadi best seller dengan terjual sebanyak 30 juta buku pada tahun 2006.

Saya sendiri pernah membacanya pada tahun 2005. Ketika itu saya melayani di Komisi Remaja GKI Cimahi. Buku ini banyak memberikan pemahaman kepada saya tentang bagaimana menjalani kehidupan dengan tujuan. Saya merasa sangat bersyukur karena pada usia semuda ini saya sudah mengetahui tujuan hidup saya.

Saat ini saya sedang menjalani studi saya di Kanazawa University, Jepang. Sekitar 2 minggu yang lalu, saya menyaksikan video rekaman Rick Warren saat beliau berbicara di TED Conference. Saya percaya bahwa bukanlah suatu kebetulan apabila saya menyaksikan video tersebut.


Satu kalimat yang Rick Warren kutip dari Alkitab adalah Keluaran 4:2, yakni ketika Musa dipanggil Tuhan untuk menyelamatkan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir
TUHAN berfirman kepadanya: "Apakah yang di tanganmu itu?"
Jawab Musa: "Tongkat."
Tongkat Musa adalah alat yang dipakai Tuhan untuk melakukan semua mukjizat-Nya. Saya percaya bahwa Tuhan memberikan setiap manusia talenta untuk digunakan bagi tujuan-Nya.

Kata-kata tersebut menjadi refleksi bagi saya pribadi.
"Apa yang ada di tangan saya?"

Blog ini tercipta sebagai jawaban saya atas pertanyaan itu. Apa yang ada di tangan saya adalah kemampuan untuk mengetik, sebuah laptop, jaringan internet serta cerita/ide untuk diposting.


Blog ini juga tercipta karena kerinduan saya pada pelayanan sekolah minggu dan remaja. Enam tahun saya melayani di Komisi Remaja dan tiga tahun di pelayanan Sekolah Minggu GKI Cimahi. Dengan kewajiban menyelesaikan pendidikan di Jepang, saya tidak bisa melayani secara langsung. Blog ini adalah salah satu cara saya dapat berkontribusi, bahkan menjadi lebih luas karena blog ini dapat diakses oleh siapa pun yang tertarik dengan kedua pelayanan tersebut.

Saya percaya bahwa bukan kebetulan blog ini bisa dibuat. Saya berharap bahwa dengan blog ini, saya bisa berbagi cerita/ide mengenai pelayanan sekolah minggu dan remaja. Itu adalah tujuan saya membuat blog ini.

Apa isi dari Blog ini?

Sepanjang saya melayani di Komisi Remaja GKI Cimahi, saya mengamati bahwa faktor kepemimpinan (Leadership) adalah faktor yang sangat penting bagi anak-anak muda Kristen. Pelayanan di gereja adalah pendidikan bagi kepemimpinan yang sangat jarang dipelajari di bangku sekolah.

Tuhan menghendaki anak-anak-Nya menjadi kepala, bukan ekor (Ulangan 28:13). Anak muda Kristen dapat menjadi terang dan garam bagi lingkungannya salah satunya adalah dengan menjadi pemimpin.

Di pelayanan sekolah minggu, saya tertarik pada teknik bercerita terlebih bercerita dengan menggunakan multimedia. Teknik bercerita merupakan salah satu karisma penting bagi seorang guru sekolah minggu.
Saya banyak belajar tentang bagaimana membawakan cerita, berbagi suatu gagasan atau presentasi serta mendesain Power Point dari situs seperti presentation zen, slide share, TED serta dari ebook tersedia di internet.

Isi dari blog ini adalah kedua hal di atas. Apa yang akan saya bagikan bisa saja berupa foto, cerita, ide, video, book review dan banyak hal lainnya.

Saya sangat berharap pengunjung dari blog ini dapat mengambil manfaat serta memberikan tanggapan dari setiap posting yang saya buat di blog ini.

No comments:

Post a Comment