Wednesday, June 23, 2010

Bercerita di sekolah minggu dengan film animasi

Bercerita di sekolah minggu dengan menggunakan teknologi Multimedia membuat perbedaan bagi anak-anak. Anak sekolah minggu khususnya kelas besar (kelas 4 - kelas 7) mungkin beberapa kali mendengar cerita tentang Daud vs Goliath, Elia, Yunus di perut ikan dsb di kelas mereka sebelumnya. Namun, ketika mereka menyaksikan film animasi cerita Alkitab tersebut ada sesuatu yang berbeda, yakni mereka mampu membayangkan situasi ketika cerita itu terjadi.

Film animasi memiliki beberapa keistimewaan dalam hal ini, yakni indra yang digunakan oleh anak sekolah minggu saat menyaksikan film adalah indra penglihatan dan pendengaran. Hal ini memiliki kelebihan dibandingkan hanya dengan mendengar cerita guru sekolah minggu .

Berdasarkan pengalaman saya bercerita dengan film animasi, anak-anak sekolah minggu sangat antusias menyimak apalagi jika film animasi tersebut membuat mereka tertawa. Mereka pun cenderung lebih mengerti karena biasanya di sekolah minggu tempat saya mengajar (GKI Cimahi) setelah cerita selesai, mereka diwajibkan untuk meringkas isi cerita.

Berikut saya tampilkan beberapa film animasi cerita Alkitab yang pernah saya tampilkan di kelas sekolah minggu.

Nuh
Cerita Nuh diolok-olok orang-orang sejamannya saat membuat bahtera, air bah turun, terapung selama 40 hari 40 malam hingga Nuh dan seisi bahteranya selamat.

video

Daud vs Goliath
Cerita saat Daud mengalahkan Goliath.

video

Elia vs Nabi Baal
Certia saat Elia melawan Nabi Baal ketika bertaruh "Tuhan" mana yang bisa mendatangkan Api.

video

Tembok Yerikho
Cerita saat Bangsa Israel meruntuhkan tembok Yerikho dengan nyanyian dan berkeliling selama 7 hari.

video

Daniel di Gua Singa
Cerita saat Daniel dimasukan ke gua singa.

video

Yunus di perut ikan
Cerita ketika Yunus dipanggil Tuhan untuk menginjili kota Niniwe, namun Yunus malah pergi ke Tarsis, Yunus dibuang ke laut, dimakan ikan lalu dimuntahkan kembali.

video

Video-video di atas memang terlihat berlebihan, misalnya ukuran Goliath yang sangat besar hingga Daud hanya sebesar kaki Goliath, nabi-nabi Baal yang merengek seperti bayi dsb. Namun, animasi di atas berhasil (dalam kasus saya) menarik perhatian anak-anak, mereka juga dapat lebih mengerti mengenai situasi ketika cerita itu terjadi.

Memang fasilitas untuk menayangkan film animasi di kelas sekolah minggu relatif mahal, diperlukan LCD projector, screen serta audio. Namun, jika gereja mampu berinvestasi dalam fasilitas seperti itu, sekolah minggu menjadi lebih menarik dan diminati oleh anak-anak.

2 comments:

  1. boleh minta nama uploader di youtube nyaaa? saya mau download nihh . makasih sebelumnya

    ReplyDelete