Wednesday, June 16, 2010

Makan seperti burung dan buang air seperti gajah

Presentation Zen adalah judul buku (yang juga nama sebuah blog) yang banyak membantu saya dalam membuat Power Point sebagai alat bantu dalam bercerita di kelas sekolah minggu. Penulis buku ini adalah Garr Reynolds, ketika ia berbicara di kantor Google, ia menyampaikan suatu filosofi yang diadopsi dari Guy Kawasaki yakni
"Eat like a bird, poop like an elephant"
(makan seperti burung, buang air seperti gajah)
Maksud dari filosofi ini adalah konsumsilah pengetahuan sebanyak-banyaknya, baca buku, belajar dari orang lain, hadiri seminar dsb (burung mengkonsumsi banyak makanan) dan bagikan pengetahuan itu dengan maksimal walaupun tanpa dibayar (gajah sangat baik dalam "buang air").
Setiap harinya, burung dapat makan makanan yang beratnya 2x berat tubuhnya. Apabila burung hinggap di pohon dan jalan, mereka akan mencari makanan dan makan dengan sangat banyak. Sedangkan gajah dapat buang air hingga 165 pon (setara 82.5 Kg) per hari.


Dalam melayani anak-anak dan remaja, kita harus banyak mengkonsumsi pengetahuan. Alkitab merupakan pengetahuan terpenting, seperti yang tertulis
"Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan"
- Amsal 1:7a -
browsing, menghadiri seminar, berbagi dengan orang lain dsb. Pelajaran ada di sekitar kita dan jumlahnya sangat banyak.

Mengapa pengetahuan itu penting? Kita sebagai pelayan bersaing dengan dunia dalam merebut perhatian anak-anak dan remaja. Kita bersaing dengan televisi, game online dsb. Kita hanya memiliki waktu yang sedikit ketika berhubungan dengan mereka, hanya sekitar 1-2 jam di hari Minggu, serta di event-event khusus lainnya.

Pengetahuan itu penting karena dengan pengetahuan kita dapat menyampaikan Firman Tuhan dengan baik dan bisa diserap oleh anak-anak dan remaja. Saya sendiri banyak belajar mengenai teknik "bercerita", sehingga saya dapat menyampaikan Firman Tuhan dengan kemasan yang menarik bagi anak-anak dan remaja.

Berbagi pengetahuan juga sangat penting, berbagilah dengan tidak tanggung-tanggung. Pelayanan di gereja memang tidak "menghasilkan uang", kita bahkan harus mengeluarkan uang, tenaga dan waktu untuk pelayanan. Namun, seperti Firman Tuhan

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.
- 1 Korintus 15:58 -
Firman Tuhan berkata bahwa jerih payah kita tidak sia-sia. Saya merasakan ke-"tidak sia-sia"-an itu selama saya melayani di sekoah minggu dan remaja. Ada banyak hal yang saya dapat dengan berbagi pengetahuan di pelayanan. Bercerita di sekolah minggu, menyiapkan Power Point, membantu pelayanan remaja, berbicara di depan umum dsb, semua itu membawa dampak yang baik pada pertumbuhan pribadi.

Learn to Inspire

Karena alasan di ataslah nama dari blog ini adalah learn to inspire, ini adalah filosofi yang sama dengan "eat like a bird, poop like an elephant". Blog secara khusus saya buat untuk para aktivis sekolah minggu dan remaja. Dengan blog ini saya dapat berbagi pengetahuan yang saya dapat dengan tidak tanggung-tanggung serta dapat berhubungan dengan rekan sepelayanan yang memiliki kerinduan yang sama.

So... eat like a bird, poop like an elephant.

No comments:

Post a Comment