Monday, July 5, 2010

Contoh Slideshow Sekolah Minggu - SML '10

Saat saya menulis posting ini, di Natural Hills, Lembang sedang berlangsung Sekolah Minggu Liburan (SML) GKI Cimahi tahun 2010. Event rutin ini berlangsung selama 3 hari, 5-7 Juli 2010. Di event tersebut, saya membuat slideshow berupa video yang menjelaskan mengenai tata tertib selama SML berlangsung. Berikut video yang saya buat


Video ini menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat slide dan CamStudio untuk merekam aktivitas desktop. Slide yang saya buat banyak mengikuti tips dari buku Presentation Zen (sayang sekali belum ada versi Bahasa Indonesia). Slide dengan pendekatan ini rasanya lebih baik jika dibandingkan dengan contoh slide di bawah ini


Contoh slide di atas adalah slide yang sering kita lihat (bahkan kita membuat slide seperti ini). Slide dengan bullet point , template dan tanpa gambar yang sebetulnya dapat memperjelas pesan. Anak-anak senang akan warna dan bentuk. Gambar dapat memperjelas pesan bahkan mampu mengundang emosi anak-anak. Memang memerlukan waktu yang lama untuk membuat slide seperti contoh video di atas, namun rasanya anak-anak akan lebih menyukainya dan pesan dapat tersampaikan dengan lebih baik.

Kunjungi akun saya di slideshare untuk melihat beberapa slide yang pernah saya buat untuk cerita sekolah minggu.

No comments:

Post a Comment